Masih Proses...

Saturday

BEROLAHRAGA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA OTAK | Hippocampus Dapat Kembali Tumbuh Setelah Mulai Melakukan Aktivitas Fisik.

Manfaat Olahraga Pacu Tingkatkan Kemempuan OtakBEROLAHRAGA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA OTAK | Hippocampus Dapat Kembali Tumbuh Setelah Mulai Melakukan Aktivitas Fisik. Olahraga ternyata tidak hanya membuat otot tubuh menjadi kuat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan fungsi memori otak. Hal itu setidaknya terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Kirsten Hotting, PhD dari University of Hamburg, Jerman.
Lihat JET TEMPUR AS JATUH TABRAK APARTEMEN 2012 | Korban Meninggal Yang Ditemukan Sampai Sembilan Orang dan LORENZO TAKLUKAN DOMONASI STONER DI QATAR 2012 | Lorenzo Mencatatkan Waktu Terbaik 1 Menit 55.302 detik

Berdasarkan kajiannya yang dipublikasikan dalam Health Psychology itu Hotting menemukan, pria paruh baya dan wanita yang bersepeda atau melakukan peregangan rutin dan koordinasi selama dua jam seminggu selama enam bulan memiliki perbaikan dalam memori dan kemampuan berpikir lainnya.
"Menggabungkan berbagai bentuk latihan mungkin dapat memberikan efek menguntungkan pada fungsi otak," katanya.
Para ahli mengatakan, pada orang dewasa yang berusia lanjut, daerah otak yang berhubungan dengan memori (hippocampus), cenderung akan menyusut. Penelitian sebelumnya juga telah menemukan, bahwa daerah otak yang disebut hippocampus dapat kembali tumbuh dan berkembang setelah mereka (orang berusia lanjut) mulai melakukan aktivitas fisik. Pertumbuhan ini biasanya disertai peningkatan fungsi memori.
Dalam riset teranyarnya itu Hotting lebih memfokuskan penelitian pada individu dewasa setengah baya. Ia melakukan evaluasi terhadap 68 pria aktif dan wanita berusia antara 40-56 tahun. Setiap relawan diminta melakukan olahraga ringan, seperti peregangan dan bersepeda. Sebagai pembandingnya, peneliti juga melibatkan 18 orang yang diketahui tidak aktif secara fisik.
Hotting mengatakan, sebelum dilakukan penelitian, semua relawan menjalani tes kebugaran jantung. Setiap program diawasi dan berlangsung selama satu jam, dua kali dalam seminggu.
"Pelatihan atau koordinasi peregangan dimulai dengan tahap pemanasan singkat, diikuti dengan peregangan dan penguatan otot-otot utama dari tubuh secara keseluruhan," katanya.
"Latihan koordinasi didefinisikan sebagai latihan keseimbangan, gerakan kompleks dari lengan dan kaki, dan sebagainya. Kemudian latihan diakhiri dengan beberapa latihan relaksasi," tambahnya.
Sebelum dan sesudah penelitian, peneliti juga sudah mengukur tingkat memori dan kemampuan berpikir lainnya. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok bersepeda mengalami peningkatan kebugaran jantung mereka sebesar 15%. Sementara kelompok yang melakukan peregangan dan tidak aktif tidak memiliki perubahan nyata dalam kebugaran mereka.
Namun demikian, pada kelompok yang melakukan aktivitas bersepeda dibarengi dengan peregangan mendapatkan nilai lebih baik saat menjalani tes memori belajar ketimbang kelompok yang tidak aktif. Peningkatan hasil ujian juga dikaitkan dengan peningkatan kebugaran. Hotting mengungkapkan, penelitian lain telah menemukan, bahwa peningkatan kebugaran terkait dengan perbaikan selektif dalam memori.

BEROLAHRAGA DAPAT MENINGKATKAN KINERJA OTAK | Hippocampus Dapat Kembali Tumbuh Setelah Mulai Melakukan Aktivitas Fisik, Manfaat Olahraga Pacu Tingkatkan Kemempuan Otak, Efek Samping Olahraga Bagi kemampuan Otak, Tips Kesehatan 2012


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment