Masih Proses...

Tuesday

VIDEO SERANGAN TOMCAT MERAJALELA DI BEKASI TERBARU 2012 Pertolongan Pertama Atasi Serangga Tomcat

Youtube Tomcat
VIDEO SERANGAN TOMCAT MERAJALELA DI BEKASI TERBARU 2012 Pertolongan Pertama Atasi Serangga Tomcat. Selain di Surabaya, Jawa Timur, serangga jenis tomcat, juga menyerang warga yang bermukim di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Jalan Baru Underpass Durenjaya Kelurahan Bekasijaya Kecamatan Bekasi Timur, Jawa Barat. VIDEO SERANGAN TOMCAT DI SURABAYA TERBARU 2012 Tanda Tanda Gigitan Tomcat  dan  TIPS CARA MENCEGAH & MENGOBATI SERANGAN TOMCAT Serangga Tomcat Sudah Menyerang Warga Surabaya.

Menurut Dedy bin Warsita (32) penghuni Rusunawa lantai 2 blok B6, serangga jenis ini sudah menyerang sejak dua bulan lalu. Ketika masuk musim penghujan jumlahnya berkurang, namun beberapa minggu ini serangga itu jumlahnya semakin banyak. "Saya dan istri saya pernah di gigit. Kalau saya dibagian leher, rasanya panas, perih dan kulit saya memerah," katanya, Selasa, 20 Maret 2012.

Selain dia dan sang istri, Rosa Neta Iswantuti (23), serangga tomcat itu sudah hampir menyerang seluruh penghuni di rusunawa ini. "Dari seluruh penghuni yang terdiri dari 94 kepala keluarga di rusunawa, 30 persen diantaranya mengaku sudah pernah digigit," katanya.

Awal mulanya warga mengira, serangga itu adalah jenis semut merah. Namun setelah maraknya pemberitaan di media, warga baru tahu bahwa serangga itu adalah jenis tomcat. "Warnanya belang-belang hitam dan merah. Panjangnya sekitar setengah senti, ujungnya lancip kaya kalajengking," terangnya.

Dedy menduga serangga jenis tomcat itu berasal dari kebun dibelakang rusunawa. Di tempat itu rumput tumbuh sangat lebat dan tidak terawat. "Serangga itu masuk kedalam kamar melalui ventilasi udara dan juga menempel di pakaian yang dijemur di depan kamar," katanya.

Saat akan tidur, tidak jarang warga menemukan banyak tomcat di tempat tidur. "Harus dibersihkan dulu, sebelum tidur. Daripada nanti kena gigit atau cairannya yang perih," katanya.

Meski sudah banyak warga yang kena gigit, namun pengobatan sejauh ini hanya dilakukan seadanya baik di rumah sakit ataupun puskesmas setempat. "Paguyuban warga penghuni rusunawa secara swadaya pada hari Rabu pagi besok akan menyemprot seluruh rusunawa menggunakan cairan non insektisida. Untuk mencegah semakin mewabahnya serangga ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Dedy juga meminta peran serta Dinas Kesehatan Kota Bekasi, untuk turun langsung ke lapangan. "Supaya tidak menjalar ke wilayah lain," tutupnya.

Pertolongan Pertama Atasi Serangga Tomcat

Serangga Tomcat atau yang memiliki nama ilmiah Paederus sempat menimbulkan kepanikan warga Suarabaya, terutama di apartemen Eastcoast, Kenjeran dan Wonorejo.

Namun seberapa besar dampaknya pada manusia bila terjadi kontak dengan serangga satu ini?

Pakar kulit dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dr Rosmelia M Kes SPKK mengatakan, dampak racun serangga Paederus tak sistemik atau memengaruhi pembuluh darah.

"Reaksi toksin pada kulit tergantung berapa banyak racun yang mengenai kulit. Namun umumnya reaksi ini hanya bersifat lokal dan tak bersifat sistemik seperti menyebabkan kejang-kejang," katanya kepada VIVAnews, Selasa, 20 Maret 2012.

Bila racun yang mengenai kulit banyak, bisa menyebabkan melepuh atau metosis kehitaman. Reaksi yang ringan umumnya terjadi berupa bintik merah. "Tergantung pula di mana lokasi kontak dengan serangga itu," katanya. Pasien yang datang dengan keluhan terkena racun kumbang kanai ini biasanya berupa goresan sepanjang 10 sentimeter dan lebar 4-5 sentimeter.

Dr Rosmelia menyatakan, pasien dengan keluhan terjadi sepanjang tahun namun umumnya serangga ini lebih banyak saat musim hujan. Di Yogyakarta misalnya, pasien dengan keluhan luka akibat Tomcat banyak di awal musim hujan, paling tinggi terjadi sekitar bulan November. "Yang paling banyak kena memang kebanyakan mahasiswa yang ngekos atau mereka yang tidur larut malam sambil menyalakan lampu. Sebab kumbang ini memang tertarik cahaya."

Untuk itu dia menyarankan agar menutup pintu dan jendela sebelum menyalakan lampu di malam hari. Dan hindari berada di dekat jendela, pintu dan lampu yang terang. Sebaiknya hindari keluar di malam hari yang dapat menarik kumbang yang banyak hidup di pepohonan tersebut.

Pertolongan pertama atas gigitan Tomcat

Bila serangga ini kontak dengan kulit, dr Rosmelia menyarankan agar tak menepuk atau mematikan serangga di kulit. Lebih baik tiup atau gunakan alat bantu untuk memindahkan dari kulit. "Ini bisa meminimalisir racun yang terkena kulit atau bisa tidak kena sama sekali."

Jangan panik bila racun mengenai kulit. Penanganan pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kulit yang terkena dengan sabun biasa atau sabun antiseptik. Reaksi panas dan perih akan muncul dalam satu hingga dua jam. Untuk meringankan reaksi ini, kompres bagian kulit dengan air biasa yang bersih. "Jangan kompres dengan air es atau air panas. Bila ada persediaan steroid ringan bisa juga dioleskan," katanya.

Dr Rosmelia menyatakan, usai penanganan pertama, pasien sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

Proses penyembuhan akibat racun paederus, menurut dr Rosmelia sangat tergantung pada ringan-beratnya dermatitis. Pada kasus yang berat, bisa mencapai dua minggu dari proses pengeringan hingga keropeng di kulit lepas. "Beberapa orang tanpa bekas, namun sebagian lain meninggalkan bekas kecokelatan."

Selain kumbang Tomcat yang memang banyak terdapat di Indonesia dan Malaysia, sejenis kumbang Blister beetle dan tanaman Poison Ivy juga menimbulkan reaksi serupa pada kulit.

VIDEO SERANGAN TOMCAT MERAJALELA DI BEKASI TERBARU 2012, Pertolongan Pertama Atasi Serangga Tomcat, Obat Gigitan Tomcat, Cara Menghindari Tomcat, Youtube Tomcat




Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment