Masih Proses...

Friday

RANGKAIAN MASTERPLAN BENDUNGAN PESISIR JAKARTA.

Masterplan Tanggul Raksasa JakartaRANGKAIAN MASTERPLAN BENDUNGAN PESISIR JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mematangkan konsep pembangunan tanggul raksasa di pesisir utara ibukota. Proyek ini bertujuan melindungi Jakarta dari terjangan gelombang tinggi air laut maupun ancaman tsunami. Lihat HAMAS HANGAT SAMBUT ROMBONGAN DPR INDONESIA.



Pada 11 Desember mendatang, perwakilan Pemprov DKI akan berangkat ke Rotterdam, Belanda, guna membahas kelanjutan proyek tersebut.
Kerjasama dengan Belanda itu telah berlangsung sejak 7 Februari lalu. Perjanjian ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Fauzi Bowo, dan Wali Kota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb.

Untuk jangka pendek, kerjasama difokuskan pada pemeliharaan serta meningkatkan sumber daya manusia dalam pengelolaan sungai di Jakarta.

Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Tarjuki, mengatakan proses lelang masterplan digarap di Belanda dan ditargetkan rampung pada Desember mendatang.
"Hal yang sama juga dilakukan Pemprov DKI. Kami lebih kepada sosialisasinya sedangkan Rotterdam lebih kepada unsur teknis," kata Tarjuki, Jumat 30 November 2012.

Menurutnya pembangunan tanggul raksasa membutuhkan waktu lama. Dia memprediksi 10 tahun ke depan baru menyelesaikan tahapan lelang. Sedangkan bangunan fisiknya baru selesai 15 tahun ke depan.
Permukaan Turun
Tarjuki yakin pembangunan tanggul raksasa mutlak diperlukan bagi Ibukota. Penurunan muka tanah di Jakarta saat ini sudah kritis, yakni antara 10-20 sentimeter setiap tahun. Selain itu, hampir 40 persen daratan di DKI Jakarta juga sudah berada di bawah permukaan air laut.

Untuk mencegah penurunan permukaan tanah yang berkelanjutan, Pemprov DKI harus memperketat pengawasan penggunaan tanah, di samping memberikan cadangan air bersih yang tercukupi hingga 2050. "Penggunaan air tanah secara berlebihan juga memicu penurunan permukaan tanah," ucapnya.

RANGKAIAN MASTERPLAN BENDUNGAN PESISIR JAKARTA. Jakarta Akan Bangun Tanggul Raksasa 2012, Foto Masterplan Bendungan Raksasa Jakarta 2012.  


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment