Masih Proses...

Tuesday

AKHIRNYA PLANET KRYPTON SUPERMAN DITEMUKAN

FOTO SUPERMAN MANUSIA SUPER DARI PLANET KRYPTON PENEMUAN PLANET KRYPTON SUPERMAN. Seorang astrofisikawan terkemuka telah menemukan lokasi Planet Krypton yang merupakan tempat asal tokoh fiksi legendaris Superman.

Lokasi Krypton ditemukan sejauh 27,1 tahun cahaya dari Bumi, di rasi bintang Corvus (Burung Gagak)," kata Neil deGrasse Tyson, Direktur Planetarium Hayden di Musem Sejarah Alam Amerika, New York, dalam pernyataannya seperti dimuat space.com. Planet itu mengorbit bintang merah LHS 2520, yang lebih dingin dan lebih kecil dari matahari kita.

Tyson melakukan penelitian lokasi Krypton atas permintaan DC Comics. Mereka sedang membuat cerita tentang pencarian Superman ke planet tempat asalnya itu.

Buku baru itu - Action Comics Superman #14, berjudul "Star Light, Star Bright" - dirilis Rabu (7 November). Tyson muncul di dalam halaman-halamannya. Ia membantu Manusia Baja itu melakukan pencarian tersebut.

"Sebagai penduduk asli Metropolis, saya sangat senang untuk membantu Superman, yang telah melakukan banyak hal untuk kota saya selama bertahun-tahun," kata Tyson. "Dan jelas bahwa jika ia bukan seorang superhero ia akan menjadi ahli astrofisika."

Dalam buku itu digambarkan bagaimana Superman dan Tyson mencari Krypton. Astronom amatir sendiri dapat melihat bintang LHS 2.520 di langit malam dengan koordinat:

Right Ascension: 12 jam 10 menit 5,77 detik
Declination: -15 derajat 4 menit 17,9 detik
Proper Motion: 0,76 derajat busur per tahun, sepanjang 172,94 derajat dari utara

Superman lahir di Krytpon. Ia diluncurkan menuju Bumi ketika bayi oleh ayahnya, Jor-El, sesaat sebelum kehancuran planet itu. Setelah mendarat di Kansas, Superman dibesarkan sebagai Clark Kent oleh seorang petani dan istrinya.

Kini Superman mengetahui persis tempat asalnya. "Ini adalah tonggak utama dalam mitos Superman yang memberikan super hero kita tempat di alam semesta," kata penerbit DC Entertainment Dan DiDio dalam sebuah pernyataan.

"Keberadaan Neil deGrasse Tyson dalam buku itu adalah satu hal, tetapi dengan menerapkan ilmu dunia nyata ke dalam cerita ini ia telah mengubah tempat Superman dalam sejarah. Sekarang para penggemar akan dapat melihat ke langit malam dan berkata, ‘Di situlah Superman lahir.’"


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment